Breaking News

Monday, July 1, 2019

Apakah Penting Belajar Bahasa Inggris Untuk Programer ?


Bahasa Inggris tidak hanya digunakan oleh mereka yang bekerja di bidang jurnalis, namun saat ini bahasa inggris juga digunakan oleh berbagai macam profesi dikarenakan oleh tuntutan komunikasi, jadi tidak menutup kemungkinan jika bahasa inggris menjadi suatu kebutuhan yang mutlak untuk berbagai jenis pekerjaan dan profesi. Salah satu profesi yang juga membutuhkan bahasa inggris adalah profesi sebagai Programmer. Tantangan terbesar yang dihadapi oleh para Programmer adalah ketika mereka harus berkomunikasi dengan klien yang menggunakan bahasa inggris.
Mengingat semakin banyaknya programmer yang dibutuhkan oleh berbagai perusahaan, baik itu perusahaan domestik ataupun perusahaan asing, maka semakin menggandrung pula profesi sebagai Programmer ini diminati. Para Programmer sebaiknya menguasai bahasa inggris untuk membantu rekan-rekan kerja mereka dan juga para klien yang memakai jasa mereka.
Jadi bahasa inggris menurut saya sanagatlah penting bagi para programmer karena tidak semua client dari seorang programmer adalah orang Indonesia itu sendiri banyak perusahaan besar asing yang terdapat di Indonesia yang  membutuhkan programmer. Para programmer juga di tuntut untuk dapat mempresentasikan hasil kerjanya dalam bahasa inggris agar para client mengerti.
Manfaat lain dari belajar bahasa inggris untuk programmer adalah kita dapat belajar lagi di forum forum jika mendapat suatu masalah yang tidak bisa di selesaikan karena dikitnya forum forum programmer di indonesia. Belajar bahasa inggris juga dapat membantu kita berkomunikasi langsung dengan programmer - programmer yang di luar sana berbagi informasi atau bertukar pikiran. Selain itu juga bahasa inggris punya banyak manfaat lain seperti meningkatkan kompetensi diri, mudah untuk bergaul, memudahkan beradaptasi dengan lingkungan baru, dan masih banyak lainnya. 
Menurut Frank Smith yang adalah seorang psikolinguistik kontemporer. Ia pernah mengatakan mengenai pentingnya cara berbicara bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Ia mengatakan bahwasanya, satu bahasa menunjukkan anda pada satu koridor kehidupan. Dua bahasa menunjukkan anda jalan menuju semua koridor. Maksud dari pernyataan Frank Smith adalah ketika kita mempunyai bahasa lain selain bahasa ibu kita, maka besar kemungkinan kita mempunyai peluang lain yang mana peluang tersebut dapat berupa relasi ataupun finansial. Misalnya, seorang presiden yang menguasai bahasa Inggris mencoba untuk berdiskusi untuk menjalin kerja sama dengan negara lain dengan meggunakan bahasa Inggris sehingga apa yang diutarakannya lebih dipahami oleh kedua belah pihak.
Jadi jawaban untuk menjawab " Apakah Penting Belajar Bahasa Inggris Untuk Programer ? " adalah sangatlah penting karena hampir semua pekerjaan yang membutuhkan komunikasi entah itu seorang programmer atau pekerjaan lainnya. karena di era sekarang ini semua pekerjaan di tuntut untuk dapat berkomunikasi dalam bahasa inggris karena kita tidaklah hidup dengan orang orang yang berbahasa sama dengan kita. 
Pertanyaan lainnya adalah " Kapankah waktu yang paling tepat untuk belajar Bahasa Inggris? ” Sekaranglah saatnya. Jika kita merasa malu atau gugup saat berbicara Bahasa Inggris, itu bukan salah kita. Jika kita melakukan kesalahan dalam berbahasa Inggris, itupun bukan suatu kesalahan. Mengapa? Karena Native Speaker saja sering membuat kesalahan dalam pronunciation (pengucapan) maupun grammar. Cara mengatasi hal-hal seperti ini sepele saja, yaitu dengan percaya diri yang tinggi serta penguasaan perbendaharaan kata.

No comments:

Post a Comment

Designed By VungTauZ.Com