Breaking News

Sunday, October 23, 2016

Perkembangan Teknologi Zaman Dahulu dan Zaman Sekarang


Teknologi Komunikasi Zaman Dahulu
    Zaman dahulu orang sudah mengenal dan sudah menggunakan lumayan banyak teknologi. Tentu saja teknologi zaman dahulu tidaklah secanggih teknologi pada zaman sekarang. Pada zaman dahulu orang menggunakan benda benda tradisional untuk berkomunikasi dengan warga seperti kentongan, merpati pos, prasasti dan lain lain. Berikut adalah contoh beberapa alat komunikasi zaman dahulu :



  • Hewan yang bernama Merpati Pos adalah Hewan yang bernama burung merpati mempunyai jasa kepada orang di zaman dahulu. Bahwa untuk menyampaikan pesan jarak jauh banyak orang dulu menggunakan burung merpati agar dapat berkomunikasi. Maka ada istilah merpati pos adalah untuk menjelaskan bahwa burung merpati mempunyai peran sebagai pengganti pak pos pengirim surat sebelum kantor pos ada.






  •  Kentongan adalah alat komunikasi yang ada di masyarakat. Biasanya di gunakan untuk memberi tahu suatu berita atau peristiwa yang terjadi. Para penjaga malam sering menggunakan kentongan sebagai alat komunikasi ketika ada maling. Sehingga mendengar suara yang di keluarkan dari kentongan itu membuat para warga keluar rumah untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi.


Teknologi Komunikasi Zaman Sekarang

  Saat ini kebutuhan akan teknologi, baik itu teknologi informasi maupun telekomunikasi sangat tinggi dari mulai golongan bawah dan golongan atas. Semua individu sangat membutuhkan teknologi untuk mempercepat perkembangan atau meningkatkan suatu pembangunan baik pembangunan individu maupun kelompok. Perkembangan teknologi yang saat ini sangatlah amat cepat adalah teknologi untuk berkomunikasi, yang menghadirkan beragam pilihan bentuk teknologi dan kecanggihannya.


  • Kehadiran internet membuat hubungan antar manusia semakin dekat dan mudah namun juga membuat jauh. Dengan internet banyak orang bisa berkomunikasi dan saling bertatap muka, walaupun  berbeda negara. Dengan internet banyak orang bisa mengakses informasi berupa berita, tutorial, artikel berita, video dan yang lain.Internet telah merubah gaya hidup banyak orang dalam berkomunikasi. Apalagi pada saat ini zamannya orang menggunakan sosial media, dimana manusia dapat dengan cepat mencari dan berkomunikasi dengan teman lama.
  


  • Komputer/ Laptop/ Tablet telah memberikan perubahan bagi dunia telekomunikasi. Dengan alat tersebut banyak hal yang dapat kita dikerjakan, dari mulai membuat tulisan, menggambar, membuat video dan yang lain. Dari sisi hiburan komputer juga bisa melihat film kesukaan kita ,mendengar musik yang kita suka, bahkan bisa juga dapat untuk menonton tayangan televisi. Hal yang sangat wajar jika Komputer/ Laptop/ Tablet di katakan sebagai alat komunikasi yang sangat modern. 

   Kesimpulannya adalah bahwa pada zaman dahulu berkomunikasi sangatlah amat sulit, sangat berbeda dengan zaman sekarang pada saat ini. Perkembangan teknologi komunikasi sangat cepat dan sangat mudah. Hampir semua orang sekarang dapat berkomunikasi dengan sangat cepat dan sangat mudah. Sesuai dengan perkembangan zaman teknologi berkomunikasi semakin cepat berkembang dan terus berkembang. Dengan adanya perkembangan yang semakin canggih dan cepat kita dapat mudah melakukan komunikasi dengan daerah – daerah lain dengan cepat dan mudah.

Sumber :

http://silontong.com/2014/05/29/21-alat-alat-komunikasi-tradisional-dan-15-modern/

http://fadliu.blogspot.sg/2014/03/makalah-tentang-perkembangan-teknologi.html
http://www.kompasiana.com/riki_setyawan/perbedaan-teknologi-masa-lalu-dan-masa-sekarang_54f9677ea333112d3c8b53fa

 

2 comments:

Designed By VungTauZ.Com